RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
MA KANJENG SEPUH SIDAYU GRESIK
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/ Semester :
XI (Sebelas)/ I
Standar kompetensi :
Menjelaskan potensi sumber daya alam
Kompetensi
Dasar : Mengidentifikasi serta menjelaskan pemanfaatan sumber daya alam, dan
dapat memanfaatkan sumber daya alam
sebaik-baiknya.
Indikator :
Menjelaskan jenis-jenis sumber daya
alam
Alokasi waktu :
1 x 45 menit
1.Tujuan
Pembelajaran :
mampu menjelaskan pemanfaatan sumber daya alam
2. Materi Pembelajaran
a.
jenis-jenis sumber daya alam
3. Metode
Pembelajaran
Ceramah,
observasi, tanya jawab, diskusi, presentasi.
4. Sumber/bahan, alat,
media pembelajaran.
a. Nurmala Dewi, Geografi SMA/MA,
Jakarta: Pusat perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional,2009.
b. slideshow powerpoint tentang jenis-jenis Sumber
daya alam
Kegiatan
Pendahuluan
a. Menyampaikan tujuan pembelajaran
yang akan dilaksanakan
b. Mengkaitkan pembelajaran minggu
sebelumnya dengan pembelajaran hari ini.
c. Menyampaikan dan menyiapkan kegiatan yang akan dilaksanakan siswa
sesuai model pembelajaran yang dipakai
Kegiatan Inti
a. siswa secara berpasangan mengamati slideshow powerpoint tentang jenis-jenis sumber daya alam
b. siswa
mendiskusikan hasil pengamatan
c. perwakilan siswa mempresentasikan hasil diskusi yang telah dilakukan
d. siswa menerima penjelasan materi dari guru.
Kegiatan
Penutup
a. Siswa
menyampaikan kesimpulan hasil belajar yang telah dilaksanakan
b. Guru
merefleksi materi pembelajaran yang telah dilaksanakan
c. Guru
menyampaikan kompetensi dasar yang akan dilaksanakan pertemuan
berikutnya.
d. Guru
memberikan tugas untuk mencari kliping- kliping yang berhubungan dengan
pengaruh dinamika atmosfer terhadap kehidupan manusia.
6.
Penilaian
Lembar
Penilaian diskusi
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Topik diskusi : ……………………………………………………..
No
|
Sikap/Aspek
yang dinilai
|
Nama Kelompok/ Nama peserta didik
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
Penilaian kelompok
|
||||
1.
|
Menyelesaikan
tugas dengan baik
|
|
|
|
2.
|
Kerjasama
|
|
|
|
3.
|
Hasil tugas
|
|
|
|
4.
|
Penggunaan
bahasa yang baik
|
|
|
|
Jumlah Nilai
Kelompok
|
|
|
||
Penilaian Individu Peserta didik
|
||||
1.
|
Berani
mengemukakan pendapat
|
|
|
|
2.
|
Berani
menjawab pertanyaan
|
|
|
|
3.
|
Inisiatif
|
|
|
|
4.
|
Ketelitian
|
|
|
|
Jumlah Nilai
Individu
|
|
|
Kriteria
Penilaian:
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Gresik, 09 Oktober 2011
Guru Mata Pelajaran Geografi
Arrizaqu El Savitri S.Pd
NIP. 100721403535
Tidak ada komentar:
Posting Komentar