Selasa, 20 Desember 2011

TUGAS AKHIR ARRIZAQU EL SAVITRI - SEMESTER 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : MA Kanjeng Sepuh
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar                   : 2.2. Menjelaskan sejarah pembentukan bumi
Indikator Pencapaian Kompetensi: -    Menjelaskan perkembangan bentuk muka bumi
-       Menganalisis teori tektonik lempeng
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan secara kronologis mengenai perkembangan bentuk muka bumi
-          Menjelaskan teori tektonik lempeng
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B.     Materi Pembelajaran
-          Perkembangan Bentuk Muka Bumi
-          Teori Tektonik Lempeng

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Power Point
-          Internet

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami sejarah pembentukan bumi
·        Membaca dan tanya jawab mengenai perkembangan bentuk muka bumi hingga saat ini
·        Secara berkelompok, diskusi tentang lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi
·        Siswa dapat Menjelaskan perkembangan bentuk muka bumi
·        Siswa dapat Menganalisis teori tektonik lempeng

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga belas
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
·         Guru menanyakan tentang pengertian lempeng.
2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru menjelaskan secara kronologis mengenai perkembangan bentuk muka bumi dan teori tektonik lempeng (hal 60 - 65) dari berbagai referensi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Tanya jawab mengenai perkembangan bentuk muka bumi dan teori tektonik lempeng dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Penugasan secara kelompok, mendiskusikan posisi kepulauan Indonesia dikaitkan dengan lempeng tektonik  (Aktivitas hal 65, kegiatan no. 4). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.      Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

F.     Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Diskusi
Bahan diskusi              : Bagaimana kaitan antara posisi Kepulauan Indonesia dengan lempeng tektonik? Apa keuntungan dan kerugian yang diperoleh Indonesia?

Lembar Penilaian diskusi

Hari/Tanggal               : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat     : ……………………………………………………..
No
Sikap/Aspek yang dinilai
Nama Kelompok/ Nama peserta didik
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2.
Kerjasama kelompok



3.
Hasil tugas



4.
Penggunaan bahasa yang baik



Jumlah Nilai Kelompok


Penilaian Individu Peserta didik
1.
Berani mengemukakan pendapat



2.
Berani menjawab pertanyaan



3.
Inisiatif



4.
Ketelitian



Jumlah Nilai Individu



Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah……………..                                     Guru Geografi



____________________________                            _________________________
NIP/NIK.                                                                    NIP/NIK.



NB : Untuk mendownload data dalam bentuk doc di sini
         Untuk mendownload data dalam bentuk presentasi disini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar